Menonaktifkan Email dari Milis Yahoogroups

Artikel dari  www.ilmukomputer.org

mail

waktu itu gue gak tau karena website tersebut menawarkan sebuah forum untuk saling bertukar celana ech salah😛, bertukar pikiran dengan cara kita masuk mailing list atau disingkat milis dengan mendaftarkan email yahoo atau mungkin ada yang laen ( gue cuma tau itu doang😀 ), setelah gue daftar dan log in, karena gue sebel banget dengan bahasa inggris jadi bingung dech😀, karena gue udah pengalaman masuk dengan kode-kode yang ditawarkan milis seperti yahoo messenger, tinggal gue ikutin aja perintahnya seperti masukin kode verifikasi dan gue teken continue. setelah berapa hari baru gue sadar ternyata masuk mailing list membuat inbox mail gue berjibun/ ribuan seperti gambar diatas, alangkah kagetnya harus bagaimana gue apa disiram dengan air tapi bukan api, apa gue tutup karung beras tapi bukan kucing, pokoknya bingung banget dech. tanpa pikir panjang tambah pusing, langsung ada ide terang diatas kepala gue pas dilihat ternyata lampu 5 watt menyala dengan terang😀.
gue tanya aja ama mbah google. mbah apa persyaratan supaya mailing list diimel saya ilang, dan kata mbah google inilah perkataannya, mohon disimak baik-baik :
Di salah satu mailinglist , sering ada member yang komplain inbox emailnya penuh karena mendapat email postingan dari member lain lalu bertanya bagaimana caranya keluar dari milis? Menyingkapi permasalahan tersebut.

Saat anda mendaftarkan alamat email anda ke sebuah Yahoogroups, anda akan diberikan beberapa setting tetapi kebanyakan orang tidak terlalu memperhatikan atau tidak mengerti kegunaannya. Salah satunya adalah setting yang akan kita bahas di bawah ini.

Okey, langsung saja kita mulai.

1. Login ke email Yahoo anda.

2. Buka salah satu pesan yang dikirim oleh milis.

3. Klik “Change settings via the Web” maka akan terbuka halaman Edit Membership. Coba perhatikan bagian “Message Delivery”. Di sini ada beberapa pilihan yang tersedia. Pilihan ini berfungsi untuk mengatur pengiriman pesan ke alamat email anda. Saya akan menjelaskan fungsinya satu – persatu.

a. Individual Email

Ini adalah setingan default yang di pilih saat anda mendaftarkan diri ke salah satu mailinglist Yahoo. Jika pilihan ini yan dipilih, maka setiap postingan yang masuk ke mailinglist yang anda ikuti, akan langsung dikirim ke alamat email anda. Inilah yang menyebabkan inbox email anda dibanjiri pesan dari mailinglist. Jadi silahkan pilih salah satu pilihan kecuali pilihan ini.

b. Daily Digest

Jika pilihan ini anda pilih, maka setiap hari email anda akan dikirimi pesan dari mailinglist berisi 25 pesan yang diposting di mailinglist (bisa juga kurang dari 25 pesan, tergantung dari banyaknya pesan yang di posting hari itu. Jika lebih dari 25 pesan, kemungkinan email yang akan dikirim ke email anda lebih dari satu).

c. Special Notices

Jika anda memilih pilihan ini, tidak akan ada postingan di milis yang masuk ke email anda kecuali yang berasal dari moderator mailinglist tersebut

d. Web Only

Jika anda tidak ingin menerima email berisi postingan dari mailinglist, entah dari anggota milis biasa ataupun moderator, silahkan klik pilihan ini. Anda akan tetap menjadi anggota mailinglist tersebut. Jika ingin membaca postingan atau mengirim postingan anda bisa masuk ke mailinglist tersebut via web.

4. Setelah anda menentukan pilihan yang tepat , klik tombol “Save Changes”.

gitu aja perkataan dari mbah google. mohon lebih dan kekurangannya, kalo lebih dilebihkan kalo kurang ditambahkan. wassalam.

tulisan ini hasil gue dan adinugroho

note: gue belum berhasil nich nyoba, mudah-mudahan bisa, harap maklum dan bersabar serta berdoa yg banyak.

One Response to “Menonaktifkan Email dari Milis Yahoogroups”

  1. Adi Nugroho Says:

    he.. klo yg udah ada di inbox pindahnya harus manual

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: